Pengertian Al – Quran dan Penjelasannya

Pengertian Al – Quran dan Fungsinya

1. Menurut Bahsa

Menurut Bahasa, Al-Quran berasal dari kata “qara’a – yaqra’u – qur’aanan” yang artinya bacaan atau sesuatu yang dibaca berulang – ulang.
2. Menurut Istilah

Menurut Istilah, Al-Quran adalah firman Allah yang diturunkan kepada Rasulullah melalui malaikat Jibril dan membacanya pun adalah ibadah.

Adapun Muhammad Ali ash-Shabuni mendefinisikan Al-Qur’an sebagai berikut:

“Al-Qur’an adalah firman Allah yang tiada tandingannya, diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW penutup para Nabi dan Rasul, dengan perantaraan Malaikat Jibril a.s. dan ditulis pada mushaf-mushaf yang kemudian disampaikan kepada kita secara mutawatir, serta membaca dan mempelajarinya merupakan ibadah, yang dimulai dengan surat Al-Fatihah dan ditutup dengan surat An-Nas”

Al Qur’an adalah murni wahyu dari Allah swt, bukan dari hawa nafsu perkataan Nabi Muhammad saw. Al Qur’an memuat aturan-aturan kehidupan manusia di dunia. Al Qur’an merupakan petunjuk bagi orang-orang yang beriman dan bertaqwa. Di dalam al Qur’an terdapat rahmat yang besar dan pelajaran bagi orang-orang yang beriman. Al Qur’an merupakan petunjuk yang dapat mengeluarkan manusia dari kegelapan menuju jalan yang terang.

Al-Qur’an tidak turun sekaligus, ayat-ayat al-Qur’an turun secara berangsur-angsur selama 22 tahun 2 bulan 22 hari. Para ulama membagi masa turunnya ini dibagi menjadi 2 periode, yaitu periode Mekkah dan periode Madinah. Periode Mekkah berlangsung selama 12 tahun masa kenabian Rasulullah S.A.W dan surat-surat yang turun pada waktu ini tergolong surat Makkiyyah. Sedangkan periode Madinah yang dimulai sejak peristiwa hijrah berlangsung selama 10 tahun dan surat yang turun pada kurun waktu ini disebut surat Madaniyah. Ilmu Al-Qur’an yang membahas mengenai latar belakang atau sebab-sebab suatu atau beberapa ayat al-Qur’an diturunkan disebut Asbabun Nuzul (Sebab-sebab Turunnya (suatu ayat).

FUGSI AL-QUR’AN DALAM ISAM

Dari sudut subtansinya, fungsi Al-Qur’an sebagaimana tersurat nama-namanya dalam Al-Qur’an adalah sebagai berikut:

  1. Al-Huda (petunjuk), Dalam al-Qur’an terdapat tiga kategori tentang posisi al-Qur’an sebagai petunjuk. Pertama, petunjuk bagi manusia secara umum. Kedua, al-Qur’an adalah petunjuk bagi orang-orang bertakwa. Ketiga, petunjuk bagi orang-orang yang beriman.4
  2. Al-Furqon (pemisah), Dalam al-Qur’an dikatakan bahwa ia adalah ugeran untuk membedakan dan bahkan memisahkan antara yang hak dan yang batil, atau antara yang benar dan yang salah.
  3. Al-Asyifa (obat). Dalam al-Qur’an dikatakan bahwa ia berfungsi sebagai obat bagi penyakit-penyakit yang ada dalam dada (mungkin yang dimaksud disini adalah penyakit Psikologis)
  4. Al-Mau’izah (nasihat), Didalam Al-Qur’an di katakan bahwa ia berfungsi sebagai penasihat bagi orang-orang yang bertakwa

Fungsi Al-Qur’an di lihat dari realitas kehidupan manusia

  1. Al-Qur’an sebagai petunjuk jalan yang lurus bagi kehidupan manusia
  2. Al-Qur’an sebagai mukjizat bagi Rasulallah SAW.
  3.    Al-Qur’an menjelaskan kepribadian manusia dan ciri-ciri umum yang membedakannya dari makhluk lain
  4. Al-Qur’an sebagai korektor dan penyempurna kitab-kitab Allah sebelumnya
  5. Menjelaskan kepada manusia tentang masalah yang pernah di perselisikan ummat Islam terdahulu
  6. Al-Qur’an brfungsi Memantapkan Iman

 

Advertisements
This entry was posted in Agama and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s